Pastikan Seluruh WBP Sehat. Lapstrinuka Gandeng Dinkes Cilacap Adakan Skrining TBC

    Pastikan Seluruh WBP Sehat. Lapstrinuka Gandeng Dinkes Cilacap Adakan Skrining TBC

    Cilacap - Sebagai tindak Lanjut Surat Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jateng Nomor : W.13.PK.01.06.06-332 tanggaL 23 Juni 2023 Perihal : Penanggulangan Tuberkolosis (TBC) pada UPT Pemasyarakatan di Jawa Tengah, Lapas Terbuka Nusakambangan Kanwil Kemenkumham Jateng bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kab. Cilacap melakukan deteksi dini penyakit menular melalui skrining TBC terhadap warga binaan Lapas Terbuka Nusakambangan, Sabtu (17/12).

    Kegiatan skrining TBC dilakukan di Ruang Kunjungan Lapas Terbuka Nusakambangan dengan pantauan langsung oleh Kalapas. Tiga puluh empat warga binaan diikutsertakan dalam pemeriksaan dan skrining tersebut. Pelaksanaan skrining diawali dengan pemeriksaan kesehatan warga binaan satu persatu terkait kondisi kesehatan dan beberapa pertanyaan terkait indikasi gejala TBC yang mungkin dirasakan oleh warga binaan. Usai dilakukan pemeriksaan kesehatan, warga binaan diarahkan untuk diambil sampel dahak. Kalapas menyampaikan bahwa telah menyiapkan kamar khusus secara terpisah yang dapat digunakan sebagai kamar isolasi jika terdapat warga binaan yang terindikasi mengalami gejala gangguan kesehatan agar tidak menularkan kepada warga binaan yang lain.

    Kegiatan skrining dan pemeriksaan kesehatan warga binaan merupakan deteksi dini terhadap penyakit menular serta mengetahui kondisi kesehatan warga binaan agar tidak terjadi penyebaran virus/penyakit menular dilingkungan blok dan kamar hunian Lapas Terbuka Nusakambangan. Dari 34 Warga Binaan yang dilakukan skrining, terdapat 2 warga binaan yang terindikasi terduga TBC.

    kemenkumhamjateng kemenkumhamri hantorsitumorang
    Harun Halis Wonowijoyo

    Harun Halis Wonowijoyo

    Artikel Sebelumnya

    Pemenuhan Hak WBP. Lapstrinuka Adakan Skrining...

    Artikel Berikutnya

    Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Lapas...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Nagari TV, TVnya Nagari!
    Mengenal Lebih Dekat Koperasi
    TV Parlemen Live Streaming
    Polri TV: Transparan - Informatif - Terpercaya
    Kukuhkan Pataka Daksha Prasastya, Komitmen SSDM Polri Cetak SDM Unggul Wujudkan Indonesia Emas 2045

    Ikuti Kami