Lapas Cilacap Geledah Semua Pengunjung, Tamu dan Petugas

    Lapas Cilacap Geledah Semua Pengunjung, Tamu dan Petugas

    *Waspada Jangan-Jangan!* 

    **

    Cilacap, - Pastikan Lembaga Pemasyarakatan (Cilacap) bersih dari barang-barang terlarang. Petugas Penjaga Pintu Utama (P2U) sebagai ujung tombak pemeriksa keluar masuknya barang dan orang laksanakan penggeledahan badan dan barang bawaan.

    "Waspada jangan-jangan. Ini merupakan langkah antisipasi terjadinya penyelundupan barang terlarang ke dalam lapas, " ujar Afdoh Ariefwan, Petugas P2U Lapas Kelas IIB Cilacap, Jumat (26/1). 

    Tidak hanya masyarakat umum yang ingin melakukan besukan, tamu kedinasan hingga seluruh petugas harus melalui prosedur penggeledahan barang dan badan tersebut.

    Sementara itu, Kepala Seksi Administrasi Keamanan dan Ketertiban Lapas Cilacap, Joko Oktavianto menerangkan bahwa langkah tersebut sudah menjadi keharusan dan Standar Operasional Prosedur ketika melewati pintu masuk lapas. 

    "Ini kembali lagi pada Standar Operasional Prosedur (SOP) ketika akan melawati pintu portir, " tegasnya.

    Ia juga menerangkan bahwa hal tersebut juga mempertegas bahwa Lapas tetap akan menjaga marwahnya sebagai tempat yang steril dan mengedepankan unsur penting yakni keamanan dan pembinaan. 

    "Sebagaimana pesan Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Kami akan selalu menjaga Marwah Pemasyarakatan dengan menjalankan 3 +1 Kunci Pemasyarakatan Maju, yakni Deteksi dini, perang terhadap narkoba dan Sinergitas dengan aparat penegak hukum lain + Back to Basic, " paparnya. 

    Menurutnya Pemasyarakatan Back to Basic kembali kepada garis tegas tugas dan fungsi awal sistem pemasyarakatan sesungguhnya dengan mengedepankan layanan, sterilisasi keamanan dan pembinaan yang efektif.***

    pemasyarakatan lapas cilacap cilacap lapas ditjenpas kemenkumham narapidana
    Ghina Hazalah

    Ghina Hazalah

    Artikel Sebelumnya

    Meningkatkan Hak Partisipasi: Lapas Karanganyar...

    Artikel Berikutnya

    Monitoring dan Evaluasi, Kasi Admin Kamtib...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Nagari TV, TVnya Nagari!
    Mengenal Lebih Dekat Koperasi
    TV Parlemen Live Streaming
    Polri TV: Transparan - Informatif - Terpercaya
    Lantamal I Hadiri Peresmian Bendungan Lausimeme Oleh Presiden RI Joko Widodo

    Ikuti Kami