Giat Zoom sebagai Metode Efektif untuk Mensosialisasikan Petunjuk Teknis Pengelolaan PNBP Hasil Pembinaan Kemandirian

    Giat Zoom sebagai Metode Efektif untuk Mensosialisasikan Petunjuk Teknis Pengelolaan PNBP Hasil Pembinaan Kemandirian

    CILACAP, INFO_PAS - Lapas Karanganyar aktif mengikuti kegiatan sosialisasi petunjuk teknis tentang peningkatan kualitas pengelolaan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) hasil pembinaan kemandirian melalui sesi zoom. Kegiatan ini dilaksanakan dengan maksud memberikan pemahaman lebih mendalam tentang tata kelola dan administrasi PNBP, pada Jumat (08/12/23).

    Sosialisasi ini diadakan di ruang kepegawaian dan keuangan Lapas Karanganyar, diikuti oleh Kasi Kegiatan Kerja, Kaur Kepegawaian dan Keuangan, staf Sarana Kerja, dan staf Kepegawaian dan Keuangan.

    Pada sesi pembukaan, narasumber utama dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Bapak Junius Surbakti, memberikan pengantar mengenai pemaparan materi yang menjadi dasar hukum kewajiban PNBP dengan UU terbaru yaitu UU Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan.

    "Langkah pertama dalam perhitungan PNBP adalah mengambil pendapatan total dari seluruh sumber. Selanjutnya, pendapatan tersebut dikurangi dengan biaya produksi yang mencakup total upah yang diberikan kepada WBP, belanja bahan, dan pembagian dengan mitra sesuai perjanjian yang telah disepakati, " jelas Bapak Junius Surbakti.

    "Kami berharap agar setiap tahun, pencapaian Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dapat mencapai tingkat optimal sesuai dengan target yang telah ditetapkan, " tambahnya.

    Dengan melibatkan perwakilan Lapas dari berbagai wilayah, kegiatan sosialisasi ini juga menjadi forum untuk bertukar pengalaman dan menjalin koordinasi antar lembaga guna memperkuat implementasi petunjuk teknis tersebut. Harapannya, sosialisasi ini dapat membantu meningkatkan kualitas pengelolaan PNBP di Lapas Karanganyar dan lembaga pemasyarakatan lainnya.

    Rizal Afif Kurniawan.

    Rizal Afif Kurniawan.

    Artikel Sebelumnya

    Pendekatan Penuh Perhatian: Tim AIDA Sapa...

    Artikel Berikutnya

    Peningkatan Pengetahuan Perwakilan Lapas...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Nagari TV, TVnya Nagari!
    Mengenal Lebih Dekat Koperasi
    TV Parlemen Live Streaming
    Polri TV: Transparan - Informatif - Terpercaya
    Hendri Kampai: Membangun Positivisme Bangsa Indonesia di Tengah Ketidakpastian Ekonomi dan Geopolitik Dunia

    Ikuti Kami